Perlengkapan Henna


ALAT DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN DALAM UKIR HENNA

            Langkah awal dalam mengukir henna adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan selama proses pembuatannya. Alat-alat yang dibutuhkan dalam membuat kreasi ukir henna adalah sebagai berikut :
  • Desain, Desain digunakan sebagai contoh atau panduan untuk lukisan yang akan diukir.Desain ini bisa tidak digunakan jika pelukis ingin membuat langsung tanpa melihat contoh.
  • Tinta Henna, Tinta henna ini adalah bahan utama dan terpenting pada seni ukir ini. Tinta henna yang digunakan dapat yang instan (yang sudah jadi buatan pabrik) yang biasa digunakan adalah produksi India. Atau juga bisa menggunakan henna bubuk yang kemudian diracik dicampur dengan berbagai macam bahan untuk menghasilkan warna yang cantik. Untuk henna natural (racikan) setelah pembuatan harus di fermentasi terlebih dahulu. Sedangkan untuk henna instan dapat langsung digunakan dan langsung mengeluarkan warna.

  • Aplicator, Tinta henna dimasukkan kedalam plastic yang dibentuk cone. Agar lebih mudah dalam proses pengukiran henna. Lalu cone digunting ujungnya sedikit sampai pada lubang yang dirasa pas dan sesuai.
  • Anggota  Tubuh, Berbagai macam anggota tubuh dapat dilukiskan henna, terutama yang banyak dilukiskan adalah tangan. Karena para pengantin biasa menggunakannya ditangan. Akan tetapi bisa juga di tempat lain seperti di kaki ataupun di badan, karena henna dapat digunakan sebagai alternative tattoo yang dilarang.   
  • Gliter, Gliter ini mempunyai fungsi untuk memberikan kilauan warna terhadap hasil kreasi henna agar terlihat lebih elegan
  • lem bulu mata, lem bulu mata sering digunakan untuk membantu melekatkan gliter ke tangan agar bias menempel dengan merata dan rapih.
  • spon usap, digunakan untuk membersihkan sisa-sisa pemakaian gliter pada tangan
  • Swarowski / Permata, sama seperti gliter, swarowski ini juga dibutuhkan sebagai hiasan yang digunakan untuk memberikan kesan kilauan pada ukiran henna. Tentunya untuk memperindah kreasi henna anda agar semakin cantik.


Salam Sukses 
Aprillia Henna Art


2 komentar:

  1. Mohon izin copy yah mba buat pembelajaran juga, terimakasih atas pengeatahuannya

    BalasHapus
  2. Mohon izin copy yah mba buat pembelajaran juga, terimakasih atas pengeatahuannya

    BalasHapus