Kenapa Tarif Jasa Lukis Henna kamu murah?

 Assalamualaikum teman teman henna Art. Pada beberpa tahun belakang usaha Jasa Lukis Henna Terus berkembang pesat diberbagai daerah. jasa lukis henna ini terus tersebar karena sangat menjanjikan untuk menambah pendapatan keluarga ataupun untuk para mahasiswa. tapi sayang para henna art pemula biasanya cenderung melakukan jurus tukang sayur,hehe dimana membandrol harga semurah murahnya yang penting laku. maaf yang tukang sayur dibawa bawa..hihi padahal sebenarnya usaha ini sangat wajib bisa dibayar mahal. karena psarnya jasa lukis henna ini adalah calon pengantin, dimana biasanya hanya dilakukan sekali seumur hidup, pengantin biasanya cenderung merasa "gpp mahal untuk seumur hidup sekali aja". ini pengalaman saya.

Buat pelaku usaha jasa lukis henna memang agak susah menyamakan tarif antara daerah satu dengan daerah lainnya karena banyak faktor diantaranya letak geografis dan perkonomian setiap wilayah bisa menjadi salah satu penyebabnya.
namun tidak perlu khawatir disini aku coba menceritakan pengalaman pribadi saya yang sudah hampir 4 tahun menjalankan usaha jasa lukis henna ini berikut tips and trik bagaiman jasa henna lukis henna mu bisa menjadi lebih mahal dari sebelumnya atau bahkan bisa dua kali lipat atau mungkin 5 kali lipat, bisa juga lebih..hehhe sabar ya, karena sabar juga bisa menjadi faktor naiknya harga jasa kita..
ada beberapa hal yang perlu teman teman lakukan selain melatih kemampuan lukis henna;


Pertama: Perkenalkan jasa anda ke target pasar dengan cara yang lebih baik dan elegan. bisa berupa posting terus kegiatan dan aktivitas yang berkaitan dengan henna. kenapa ini harus dilakukan, karena ini akan membuat mindset orang orang terhadap kalian. siapa diri kamu? Kerja kamu apa?. dan secara tidak langsung bisa membuat orang orang mengenal kamu sebagai apa yang teman teman inginkan.

Kedua: Perbanyak Design Henna  orang cenderung memilih jasa lukis henna berkaitan dengan postingan atau design henna yang pernah dibuat apakah itu menarik atau tidak, jika kalian pasif atau malah jarang update jangan harap jasa ini terpilih, apalagi persaingan jasa lukis henna saat ini sudah cukup sengit.

Ketiga: Jangan Asal Share atau Update Photo, ini yang sering terabaikan oleh seniman henna, perlu diketahui Photo merupakan salah satu yang memiliki peran amat sangat penting untuk jasa lukis henna seperti ini, kenapa? karena pandangan pertama akan menentukan hasil akhir, jika photo yang kalian share atau update tidak bagus atau pencahayaan kurang dll, costumer pasti akan ragu dan tidak akan berani bayar anda mahal atau sesuai tarif yang kamu tentukan. bisa dikatakan orang memilih jasa lukis henna berdasarkan photo yang mereka lihat. bebeda jika anda menyiapkan photo yang akan di share dengan baik, mislanya menggunakan kamera dslr, miroles, atau kamera handphone yang bagus, pasti calon customer akan semakin percaya kepada anda, terkadang harga sdh tidak menjadi masalah.
Percayalah Photo menentukan segalanya..hehe

Keempat: Jangan Update Status Sedih, Marah, Kecewa dan yang berkaitan dengan unsur negative, anda mau membeli suatu produk atau ingin menggunakan salah satu jasa apalah, tapi ketika kamu buka link profilenya banyak status yang negatif contohnya
"Belom rejeki, pasti akan diganti",
 "tuh buat yang sering bilang enak banget si corat coret doank kaya gitu dibayar mahal",
 "tuh buat kalian yang gak pernah menghargai seni",
"walaupun sampai bungkuk bungkuk, pinggang pada pegel, tapi gpp perjuangan henna art",
"gila lukis henna pengantin ditawar segitu",
dan masih banyak lagi yang lebih ekstrem dari itu statusnya.

apa yang kemudian anda pikirkan? apakah semakin yakin dengan jasa itu, apakah terkesan memberi tahu ke orang kalau jasa anda engga laku! atau apa!,
saran saya kalo mau curhat tentang usaha baiknya ke suami orang terdekat atau orang yang bisa dipercaya, jangan dimedsos ya..hehe untuk cnth status diatas bisa diganti menjadi lebih baik lagi seperti

"Belom Rejeki Pasti diganti" dirubah jadi Alhamdulillah Rezki hari ini
"Tuh buat yang sering bilang enak banget si corat coret doank kaya gitu dibayar mahal" dirubah menjadi Seni memang tidak akan ternilai bagi penikmatnya
"walapun sampai bungkuk bungkuk, pinggang pada pegel, tapi gpp perjuangan henna art" dirubah jadi Berkah hari ini banyak bersilaturahmi kerumah calon pengantin

Kelima: Pembeda Abadi, Jasa lukis henna sudah banyak dihampir setiap kota, tapi bagaimana kalian mampu menjadi pembeda dari jasa yang lain. entah itu dr design, dari profile, dll silahkan kalian temukan

Keenam: Buatlah Perspesi Publik Tentang Siapa Kalian, Caranya adalah terus menerus mempromokan diri anda dimanapun sampai sampai kalo teman sahabat mendengar kata henna langsung ingat kalian, ini memang lumayan membutuhkan waktu relatif agak lama dan kalian harus konsisten caranya menyebar kartu nama kemanapun, kesiapapun dan tanpa ampun..hehehe nenek nenek juga kasih aja, pokoknya sebar kartu nama kepada setiap orang yang kalian temuin. kenapa kartu nama? karena kartu nama adalah review singkat kamu. kamu tidak perlu menjelaskan siapa diri kamu tapi mereka sudah tau siapa kamu cuma gara gara kertas kecil itu.

Ketujuh: Memantaskan Diri,  ketika kita ingin dibayar mahal, ketika ingin banyak dipilih, dan ketika ketika semua itu kita inginkan, kita juga harus tahu seberapa kemampuan kita. pesan dari saya perbaiki perbaiki dan perbaikilah terus jangan pernah merasa kita tidak dipilih  karena kompetitor banting harga lebih murah, berpikirlah bahwa kita yang kurang ilmu. semakin memotivasi diri. tinggalkan hal hal yang tidak penting untuk kalian pikirin.

Ketujuh: Buat Pricelist dan konsisten dalam keadaan apapun, Buatlah pricelist tarif yang jelas dan mudah dimengerti calon pengantin yang bertanya, pastikan mereka mengerti dengan bertanya ulang. sebelum membuat pricelist jasa lukis henna pastikan target pasarnya, mau menengah keatas atau kebawah, atau mencakup semuanya. analisis harga sebelum membuat pricelist resmi kalian. jangan buat harga asal asalan karena kita bukan tukang baju atau sayur yang kadang memberikan harga mahal tapi ujungnya tawar menawar, pastikan harga fiks dan deal. berikan special price kepada teman, sahabat atau orang terkasih anda, dengan harpan mereka akan membantu mempromokan bisnis anda.

Kedelapan: Mendoakan orang yang gagal booking, pasti kita pernah merasa kesal sakit hati ketika ada calon pengantin yang sudah nanya jasa lukis henna kepada kita sampai berhari hari dan pada akhirnya gagal booking, dengan alasan harga mahal, sudah dapat henna art yang dekat, tidak diijinkan. mari kita tanggapi kejadian seperti itu dengan positif. contoh doa yang akan kita berikan

"Oh iya mba mungkin memang belum berjodoh dengan aku, Insya Allah kita akan bertemu dalam kesempatan yang berbeda, Semoga sukses dan berkah selalu untuk keluarga barunya nanti"

"iya mba harga aku memang sudah seperti itu, Insya Allah sesuai dengan yang didapat nanti. kalau memang keberatan gjd gpp mudah mudahan berkah dan lancar ya acaranya nanti"

"Alhamdulillah kalo sudah dapat henna art yang lebih dekat, berkah selalu ya ka,"

mereka cenderung akan kembali mendoakan kita seperti ini

"Amien mba, Makasih ya, semoga mba juga usahanya semakin maju terus dan........"

bukankah doa itu lebih berharga daripada kita ngedumel aja..hehehe

ini delapan poin perjalanan pribadi aku untuk pengembangan usaha ini, sebenarnya si masih banyak tapi nanti disambung lagi ya, sudah capek nulisnya,,hehe, eh itu jangan tidur, eh kamu jangan cengar cengir aja, ayo bangun "berkarya berkarya"

Bantu Follow Instagram aq ya https://www.instagram.com/aprilliahennaart/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar